Dilandasi adanya kesenjangan antara pendidikan dengan dunia kerja yaitu tidak terpenuhinya kebutuhan dunia industri akan kompetensi sumber daya manusia yang dibutuhkan, LP3I didirikan pada tanggal 29 Maret 1989 di Pasar Minggu Jakarta Selatan. Model pendidikan yang diselenggarakan adalah pendidikan berbasis “Link and Match” yakni kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia usaha dan industri.


Melihat keberhasilan model pendidikan yang dijalankan oleh LP3I, animo masyarakat semakin besar. Peserta didik bukan hanya penduduk ibu kota saja, bahkan dari beberapa daerah yang cukup jauh. Oleh sebab itulah, LP3I membuka kampus-kampus di hampir setiap ibu kota provinsi. Selain diakui oleh masyarakat luas kiprah LP3I pun diakui oleh dunia industri. Hal ini tercermin dari semakin banyaknya perusahaan yang merekrut lulusan LP3I.

Izin pendirian POLITEKNIK LP3I BANDUNG sesuai SK Mendiknas No.199/D/0/2001, sebagai salah satu perguruan tinggi dengan jenjang pendidikan Diploma Tiga (D-III) yang terdiri dari Administrasi Bisnis, Manajemen Informatika, Akuntansi dan Komunikasi.

Pada tanggal 19 Oktober 2012 POLITEKNIK LP3I BANDUNG dengan Nomor SK Izin Operasional (*) : 211/P/2012 mendapatkan izin penyelenggaraan Program Studi di Luar Domisili Akademik Komunitas di Kota Pekanbaru dengan jenjang Diploma Dua (D-II) yang terdiri dari Administrasi Bisnis, Manajemen Informatika, Komputerisasi Akuntansi dan Hubungan Masyarakat.

Untuk mendukung program KEMENRISTEK DIKTI dalam penggabungan dan penyatuan perguruan tinggi swasta pada tahun 2018 mengajukan penyatuan beberapa perguruan tinggi swasta ke POLITEKNIK LP3I BANDUNG. Sesuai arahan dari tim evaluator Direktorat Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi KEMENRISTEK DIKTI maka POLITEKNIK LP3I BANDUNG mendapatkan Perubahan nama Izin Perubahan Nama POLITEKNIK LP3I BANDUNG di Kota Bandung menjadi POLITEKNIK LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI INDONESIA (POLITEKNIK LP3I) sesuai Keputusan Menteri RISTEKDIKTI Nomor 318/KPT/I/2019 pada tanggal 30 April 2019.

Kemudian pada tahun 2020 POLITEKNIK LP3I mendapatkan Izin Penyatuan PTS sebagai berikut :

  1. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 624/M/2020 tentang Izin  Penyatuan  Akademi  Manajemen  Informatika Komputer Dt. Parpatiah Nan Sabatang di Kabupaten Padang Pariaman ke Politeknik Lembaga  Pendidikan  dan  Pengembangan  Profesi  Indonesia  di  Kota  Bandung.
  2. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 731/M/2020 tentang Izin  Penyatuan  Akademi  Manajemen  Informatika dan Komputer Andalan di Kota Cirebon dan Akademi Manajemen Gunung Leuser di Kota Tasikmalaya ke Politeknik Lembaga  Pendidikan  dan  Pengembangan  Profesi  Indonesia  di  Kota  Bandung yang diselenggarakan oleh Lembaga  Pendidikan  dan  Pengembangan  Profesi  Indonesia.
  3. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 1039/M/2020 tentang Izin Penyatuan AKADEMI MANAJEMEN BANDA ACEH di Kota Banda Aceh ke POLITEKNIK LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI INDONESIA DI KOTA BANDUNG yang Diselenggarakan oleh Yayasan Lembaga Pendidikan Dan Pengembangan Profesi Indonesia

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan maka POLITEKNIK LP3I menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan program studi sebagai berikut:

  1. Administrasi Bisnis (D3) Kota Bandung dan Kampus Pengembangan di Cimahi
  2. Manajemen Informatika (D3) Kota Bandung dan Kampus Pengembangan di Cimahi
  3. Akuntansi (D3) Kota Bandung dan Kampus Pengembangan di Cimahi
  4. Hubungan Masyarakat (D3) Kota Bandung dan Kampus Pengembangan di Cimahi
  5. Administrasi Bisnis (D2) PSDKU Kota Pekanbaru
  6. Manajemen Informatika (D2) PSDKU Kota Pekanbaru
  7. Komputerisasi Akuntansi (D2) PSDKU Kota Pekanbaru
  8. Hubungan Masyarakat (D2) PSDKU Kota Pekanbaru
  9. Manajemen Informatika (D3) PSDKU Kota Padang
  10. Manajemen Keuangan Perbankan (D3) PSDKU Kota Tasikmalaya
  11. Manajemen Pemasaran (D3) PSDKU Kota Tasikmalaya
  12. Manajemen Informatika (D3) PSDKU Kota Cirebon
  13. Teknik Komputer (D3) PSDKU Kota Cirebon
  14. Manajemen Keuangan (D3) PSDKU Kota Langsa
  15. Manajemen Perusahaan (D3) PSDKU Kota Langsa
  16. Bisnis Digital Program (Sarjana Terapan) Kota Bandung.

Pada tanggal 31 Januari 2022 Politeknik LP3I mendapatkan Keputusan Manteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 19/D/OT/2022 tentang Izin Pembukaan Program Studi Bisnis Digital Program Sarjana Terapan.