Visi Misi

Visi :

“Pada tahun 2032 menjadi program studi yang unggul di tingkat nasional dalam penyelenggaraan program vokasi bisnis digital.”

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi bisnis digital guna menyiapkan sarjana terapan yang kompeten di bidang bisnis digital yang adaptif terhadap kebutuhan dunia usaha dan industri.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan ilmu maupun penerapan bisnis digital.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang tepat guna sesuai dengan bidang bisnis digital
  4. Menyebarluaskan artikel hasil penelitian baik melalui forum ilmiah maupun jurnal di tingkat nasional dan internasional
  5. Meningkatkan kualitas layanan program studi melalui tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan yang kompeten dibidangnya
  6. Mengembangkan infrastruktur yang memadai untuk mendukung Sistem Pengelolaan Pembelajaran
  7. Menjalin kemitraan pentahelix di bidang bisnis digital dalam mendukung penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan sarjana terapan yang kompeten di bidang bisnis digital yang adaptif terhadap kebutuhan dunia usaha dan industri
  2. Terlaksananya penelitian untuk pengembangan ilmu maupun penerapan bisnis digital
  3. Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat yang tepat guna sesuai dengan bidang bisnis digital
  4. Tersebarluasnya artikel hasil penelitian baik melalui forum ilmiah maupun jurnal di tingkat nasional dan internasional
  5. Tersedianya layanan berkualitas program studi melalui tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan yang kompeten
    dibidangnya
  6. Tersedianya infrastruktur yang memadai untuk mendukung Sistem Pengelolaan Pembelajaran
  7. Terjadinya kemitraan pentahelix di bidang bisnis digital dalam mendukung penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Profil Lulusan

Profil Lulusan Sarjana Terapan Bisnis Digital dengan gelar S.Tr.Bis. dengan prospek karis sebagai:

  1. Social Technopreneur (startup)
  2. Business Digital Planner
  3. Business Digital Developer (intrapreneur)
  4. Digital Marketing analyst
  5. Business analyst
  6. Data Analyst
  7. UI/UX Analyst
  8. Konsultan di bidang kewirausahaan, manajemen bisnis dan teknologi digital

Kompetensi

Kompetensi Lulusan sesuai dengan kebutuhan dunia industri dan kerja, dengan sertifikasi nasional dari BNSP dan Internasional yaitu:

  1. Tenaga Operationa Komputer dari LSP BNSP
  2. The Test of English for International Communication (TOEIF)
  3. Pengelolaan Bisnis dan Perubahan Literasi Teknologi
  4. Kemampuan berfikir kritis dan design yang inovatif
  5. Kemampuan Soft Skill Kewirausahaan secara konvensional dan digital

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Program Studi Bisnis Digital memiliki Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) sesuai Permendikbud No. 3 Tahun 2020 : SN-DIKTI sebagai berikut:

ASPEK SIKAP 

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

ASPEK KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur;
  3. Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. Mampu menyusun hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerja sama di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

ASPEK PENGETAHUAN

Program Studi Bisnis Digital sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) termasuk level 6 yaitu:

  1. Menguasai konsep teoritis dan prinsip-prinsip Social –Technopreneur dengan teori-teori terapan dalam bidang kewirausahaan teknologi, kewirausahaan sosial, design thinking, model bisnis dan perencanaan bisnis secara mendalam serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural;
  2. Menguasai konsep teoritis manajemen dan bisnis berbasis digital dengan teori-teori terapan dalam bidang manajemen bisnis, pemasaran, keuangan, SDM, operasional, inovasi, dan resiko secara mendalam serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural;
  3. Menguasai konsep teoritis Teknologi Informasi dan Komunikasi yang diterapkan pada bisnis berbasis digital dengan teori-teori terapan dalam bidang Information System, Data Management System, Algoritma dan Programming, IT MultImedia, Enterprise Resource Planning Cyber Security, Cloud Computing dan Business Intelligence and Analytics secara mendalam serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural;
  4. Menguasai konsep teoritis metodologi ilmiah dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan bidang ilmu bisnis digital secara mendalam serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural;
  5. Menguasai konsep teoritis English for Business dengan teori-teori terapan dalam English
    untuk komunikasi presentasi dan penulisan secara mendalam.

ASPEK KETERAMPILAN KHUSUS

Program Studi Bisnis Digital sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) termasuk level 6 yaitu:

  1. Mampu merancang perencanaan bisnis, menciptakan bisnis hingga mengembangkan bisnis dengan berpikir desain yang inovatif berbasis digital entrepreneur for humanities yang berakar pada kearifan lokal dari hulu sampai hilir hingga dapat berdampak pada kemaslahatan bersama secara lokal, nasional, dan global sebagai tindakan solutif yang tepat berdasarkan alternative yang dikembangkan terhadap masalah dan adaptasi atas peluang bisnis yang tumbuh dalam revolusi industri 4.0 sekaligus mengusung society 5.0;
  2. Mampu menganalisis bisnis berbasis digital entrepreneur for humanities dengan menerapkan teknologi digital dalam manajemen bisnis hingga dapat berdampak pada pencapaian keunggulan bersaing yang berkelanjutan pada suatu usaha sebagai tindakan solutif yang tepat berdasarkan alternative yang dikembangkan terhadap masalah dan adaptasi atas peluang bisnis yang tumbuh dalam revolusi industri 4.0;
  3. Mampu menganalisis data dan informasi di dunia digital dengan menggunakan sejumlah aplikasi teknologi hingga dapat menggambarkan dan memprediksi suatu keadaan bisnis agar berjalan efektif dan efisien sebagai tindakan solutif yang tepat berdasarkan alternative yang dikembangkan terhadap masalah dan adaptasi atas peluang bisnis yang tumbuh dalam revolusi
    industri 4.0 sekaligus mengusung society 5.0;
  4. Mampu merancang solusi bisnis yang inovatif dengan menerapkan metode ilmiah yang sesuai hingga dapat menjadi suatu temuan ilmiah yang mendukung terjadinya transformasi bisnis digital sebagai tindakan solutif yang tepat berdasarkan masalah dan adaptasi atas peluang bisnis yang tumbuh dalam revolusi industri 4.0 sekaligus mengusung society 5.0;
    Mampu menulis dan berkomunikasi dalam bahasa inggris hingga dapat memahami dan beradaptasi dalam bisnis pada tingkat global.

Lokasi Kampus

Kampus Utama Bandung

Jl. Pahlawan No.59, Sukaluyu, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40123 Telepon: (022) 2506500.