Visi Misi

Misi

  1. Menciptakan SDM yang unggul kompeten professional dan berkarakter sesuai dengan tuntutan perkembangan iptek dibidang manajemen pemasaran serta memiliki ketakwaan kepada tuhan YME agar dapat menjawab tantangan pembangunan nasional dan global.
  2. Mewujudkan proses belajar mengajar, melaksanakan penelitian terapan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.
  3. Menjalin hubungan kerjasama dengan dunia industri, pemerintah dan lembaga perguruan tinggi baik skala nasional & international dalam rangka percepatan pemenuhan kebutuhan dunia kerja.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang profesional tingkat madya di bidang pemasaran yang berbasis teknologi informasi dengan memegang teguh komitmen, berkarakter dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Mewujudkan proses belajar mengajar, melaksanakan penelitian terapan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.
  3. Terbentuknya komunikasi yang dinamis antara dunia kerja dan industri dalam rangka penyerapan lulusan
  4. Menghasilkan penelitian unggulan yang tepat guna dibidang pemasaran untuk mendukung perkembangan IPTEK serta program percepatan pemberdayaan lulusan siap terap.

Profil Lulusan

Profil Lulusan D3 Program Studi Manajemen Pemasaran dengan gelas A.Md.M sebegai berikut:

“Menjadi tenaga Madya Profesional yang memiliki kemampuan di bidang manajemen pemasaran serta mampu menerpkan ilmu pemasaran produk baik barang maupun jasa serta mewujudkan lulusan pemasaran digital yang unggul dan berdaya saing pada tahun 2031”

Prospek Karir Posisi Jabatan:
• Marketing officer / staf Pemasaran
• Marketing Analysis
• Social Media Marketing
• Entrepreneur
• Supervisi Retail
• Retail consultan
• Admin Marketing
• Graphic Designer
• Photographi & videographi editing

Kompetensi

Mahasiswa Program Studi Manajemen Pemasaran memiliki sertifikasi kompetensi taraf nasional dari LSP BNSP dan Internasional yaitu:

  1. Sertifikasi Tenaga Operator Komputer bersertifikat LSP-BNSP
  2. Sertifikasi Test of English for International Communication (TOEIC)
  3. Sertifikasi Kompetensi sesuai Program Studi
  4. Sertifikasi Kompetensi sesuai Peminatan

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Program Studi Manajemen Pemasaran memiliki Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) sebagai berikut:

A. Aspek Sikap

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan Agama, moral dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta memiliki semangat nasionalisme kepada bangsa dan negara
  5. Menghargai keanekaragaman pendapat serta toleransi kepada sesama
  6. Memiliki rasa tanggung jawab atas pekerjaan sesuai bidangnya
  7. Memiliki kepekaan sosial serta Mengamalkan Norma dan etika akademik
  8. Taat kepada hukum dan aturan yang berlaku
  9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kemampuan dalam berwirausah

B. Aspek Keterampilan Umum (D3/Level 5)

  1. Mampu menunjukkan kinerja yang optimal sesuai dengan bidang keahlian
  2. Mampu menerapkan kemampuannya di organisasi/perusahaan
  3. Mampu menyusun laporan kinerja dengan baik
  4. Mampu bekerja dibawah dengan orientasi pencapaian target
  5. Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya;
  6. Mampu membangun kerja secara team (team work)
  7. Mampu melakukan proses supervisi terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri.

C. Pengetahuan Umum (D3/Level 5)

  1. Menguasai konsep dasar tentang Ilmu Ekonomi serta Manajemen Pemasaran
  2. Menguasai prinsip dasar teknik menjual (selling) dan pelayanan pelanggan (customer service);
  3. Menguasai prinsip dasar komunikasi bisnis pemasaran, promosi dan periklanan, public relations, pemasaran secara online (e-commerce), serta perencanaan pemasaran yang terintegrasi;
  4. Menguasai prinsip dasar manajemen ritel;
  5. Menguasai pengetahuan tentang strategi pemasaran dan kasus-kasus pemasaran terbaru;
  6. Menguasai kemampuan berbahasa asing
  7. Menguasai prinsip dasar perilaku konsumen untuk mendukung Riset Pemasaran (marketing research);
  8. Menguasai prinsip dasar manajemen supervise dan kewirausahaan
  9. Menguasai pengetahuan tentang penganggaran perusahaan;
  10. Menguasai prinsip dasar aplikasi komputer dalam menangani pekerjaan pemasaran (marketing);.
  11. Menguasai keterampilan Digitalisasi Bisnis

D. Aspek Keterampilan Khusus D3 Manajemen Pemasaran

  1. Mampu melakukan kegiatan menjual (selling skills) melalui proses menjual yang benar dengan orientasi hasil terciptanya pembelian oleh pelanggan;
  2. Mampu melakukan pelayanan pelanggan (customer service) dengan menggunakan konsep pelayanan prima;
  3. Mampu melakukan komunikasi bisnis dengan para stake holder untuk mendukung pekerjaan di bidang pemasaran;
  4. Mampu melakukan kegiatan promosi dan periklanan untuk mendukung pekerjaan di bidang pemasaran;
  5. Mampu melakukan komunikasi bisnis dengan para stake holder untuk mendukung pekerjaan di bidang pemasaran;
  6. Mampu menerapkan pemasaran secara online dengan memaksimalkan penggunaan internet, website, aplikasi smartphone dan sosial media
  7. Mampu melakukan riset pemasaran untuk memudahkan proses dalam pengambilan keputusan bisnis;
  8. Mampu mengidentifikasi perilaku konsumen dalam rangka pembuatan kebijakan/keputusan pemasaran;
  9. Mampu menerapkan keterampilan berwirausaha secara mandiri dengan konsep-konsep entrepreneurship
  10. Mampu melakukan perhitungan penganggaran perusahaan
  11. Mampu mengoperasikan aplikasi komputer dalam menangani pekerjaan pemasaran (marketing)

Lokasi Kampus

Politeknik LP3I Kampus Tasikmalaya

Alamat :  Jalan Ir. H. Juanda KM. 2 No. 106, Panglayungan, Kec. Cipedes, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat 46151