Visi Misi

Visi

“Pada tahun 2031 menjadi Program Studi Hubungan Masyarakat yang unggul di Tingkat Nasional serta menghasilkan lulusan yang kompeten.”

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang hubungan masyarakatyang relevan dengan kebutuhan masyarakat masa kini dan masa mendatang.
  2. Mengembangkan kurikulum untuk mengatisipasi kebutuhan dunia kerja di bidang hubungan masyarakat di masa mendatang.
  3. Menyelenggarakan penelitian dan publikasi hasil karya ilmiah di bidang komunikasi dan hubungan masyarakat yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu hubungan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui program-program pengayaan dan pemberdayaan yang dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  5. Meningkatkan kualitas layanan program studi melalui pengembangan sumber daya manusia baik dosen maupun tenaga kependidikan.
  6. Meningkatkan sarana dan prasarana untuk mendukung proses pendidikan dan pembelajaraandalam bidang hubungan masyarakat.
  7. Menjalin kerjasama dengan dunia usaha dan industridalam upaya menciptakan institusi sumber daya manusia yang profesional dan memiliki daya saing tinggi dalam bidang hubungan masyarakat.
  8. Meningkatkan suasana akademik yang kondusif untuk mengembangkan kreativitas, inovatif, dan produktif demi keberlanjutan program studi.

Tujuan

  1. Menghasilkan tenaga Ahli Madya yang yang memiliki profesionalisme dan keterampilanpraktis di bidang komunikasi dan hubungan masyarakat yang berorientasi pada kebutuhan dunia usaha dan industri.
  2. Tersedianya kurikulum yang dapat mengatisipasi kebutuhan dunia kerja di masa mendatang dalam bidang hubungan masyarakat.
  3. Dihasilkannya penelitian yang bermanfaat untuk pengembangan ilmu hubungan masyarakat.
  4. Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat yang dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  5. Terbentuknya sumberdaya manusia, baik dosen maupun tenaga kependidikan yang berkualitas untuk memberikan pelayanan yang prima.
  6. Tersedianya sarana dan prasarana untuk mendukung proses pendidikan dan pembelajaraan dalam bidang hubungan masyarakat
  7. Terciptanya kemitraan dengan dunia usaha dan industridalam upaya mengembangkan institusi dan sumber daya manusia secara profesional agar memiliki daya saing tinggi dalam bidang komunikasi dan hubungan masyarakat.
  8. Terciptanya suasana akademik yang kondusif untuk mengembangkan kreativitas, inovatif, dan produktif demikeberlanjutan program studi.

Profil Lulusan

Profil Lulusan Program Studi Hubungan Masyarakat dengan gelar A.Md.I.Kom. sebagai berikut :

“Menjadi Praktisi Humas (Humas Ahli) yang siap kerja secara professional yang dilandasi iman dan taqwa kepada Tuhan YME dengan keahlian PR Campaign serta Cyber PR”

Prospek Karir Lulusan :

  1. Public Relations Officer
  2. Pelaksana kampanye humas
  3. Social Media Strategic,
  4. Praktisi corporate communications
  5. Marketing public relations officers
  6. Pengelola media, penyiar, presenter, event organizers, mc & protokoler
  7. Content creator.

Kompetensi

Mahasiswa Program Studi Hubungan Masyarakat memiliki sertifikasi kompetensi taraf nasional dari LSP BNSP dan Internasional yaitu:

  1. Sertifikasi Tenaga Operator Komputer bersertifikat LSP-BNSP
  2. Sertifikasi Test of English for International Communication (TOEIC)
  3. Mampu Melaksanakan Kampanye Public Relations (Sertifikasi LSP Humas Ahli dalam Bidang Kampanye)
  4. Mampu Melaksanakan Program Cyber Public Relations (Sertifikasi Sertifikasi LSP Humas Ahli dalam Bidang Cyber Public
    Relations)

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Program Studi Hubungan Masyarakat memiliki Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) sebagai berikut:

A. SIKAP DAN TATA NILAI

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan, bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasial;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keaneragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  11. Adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya
    di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi;

B. PENGUASAAN PENGETAHUAN

  1. Menguasai konsep secara teoritis tentang komunikasi secara umum
  2. Memiliki pengetahuan factual tentang norma, hokum, kode etik di bidang public relations
  3. Menguasai konsep teoritis, prinsip, dan teknik dalam komunikasi persuasi, komunikasi organisasi, kehumasan, dan pencitraan.
  4. Menguasai konsep, prinsip, teknik, dan prosedur dalam aktivitas Hubungan Masyarakat yang meliputi: program kehumasan eksternal eksternal/ internal, program CSR, pesan kehumasan, riset kehumasan, media relations, dan keprotokoleran, marketing PR
  5. Memiliki pengetahuan dan kemampuan menjelaskan tentang konsep dasar akuntansi.
  6. Memiliki pengetahuan dan faham terhadap konsep-konsep periklanan.
  7. Memiliki pengetahuan dan konsep tentang pembinaan relasi dengan media
  8. Memiliki pengetahuan dan konsep tentang cara menciptakan dan melakukan produksi berbagai macam media.
  9. Memiliki pengetahuan dan faham tentang bahasa jepang dan huruf Kanji.
  10. Memiliki pengetahuan dan kosep-konsep tentang pelayanan prima.
  11. Memiliki pengetahuan factual tentang perkembangan teknologi computer khususnya yang terkait dengan software yang dibutuhkan untuk kegiatan kehumasan (office excel, word, power point, serta aplikasi multimedia
  12. Siswa dapat menggunakan bahasa Inggris untuk komunikasi baik secara lisan maupun tulisan dan untuk mengenali kosakata dan ekspresi serta dapat menerapkannya dalam konteks umum dan profesional.

C. KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan benar secara lisan dan tulisan;
  2. Mampu mengoperasikan sistem operasi komputer, microsoft word, excel dan power point;
  3. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai dengan kebutuhan;
  4. Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur;
  5. Mampu menyelesaikan masalah didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri;
  6. Mampu mendokumentasikan perangkat lunak secara akurat dan sahih serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;
  7. Mampu bekerjasama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaan;
  8. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  9. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri;
  10. Mampu mengelola data dan informasi terkait dengan pelaksanaan tugas dan tanggungjawabnya;
  11. Mampu mengenali kebutuhan, melakukan adaptasi dan mendemonstrasikan kemampuan dalam melanjutkan pengembangan diri;

D. KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Terampil berbicaa bahasa Inggris dengan memiliki sertifikasi Internasional TOEIC 550 Level Intermediate;
  2. Mampu menggunakan aplikasi komputer untuk perkantoran yaitu Sistem Operasi Windows, MS. Word dan MS Excel dengan sertifikasi LSP BNSP;
  3. Mampu menjalankan program kehumasan internal sesuai standar dan prosedur yang berlaku meningkatan kualitas dan iklim organisasi
  4. Mampu menjalankan program kehumasan eksternal dan program tanggung jawab social perusahaan, sesuai standar dan prosedur yang berlaku dalam rangka membangun dan membina hubungan baik dengan pemangku kepentingan dan mempertahankan citra positif organisasi di mata public.
  5. Terampil Berbahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari sebagai ciri mahasiswa yang etis dan berbudaya.
  6. Mampu menjalankan keprotokoleran dan menjadi MC dalam sebuah event.
  7. Memiliki keterampilan menulis berbagai jenis tulisan Hubungan Masyarakat.
  8. Memiliki keterampilan photography Humas dan membuat video.
  9. Mampu merancang dan memproduksi berbagai isi pesan kehumasan baik untuk keperluan hubungan internal maupun eksternal mengunakan berbagai jenis media (cetak, audio, audio-visual, dan online).
  10. Mampu menjalankan sebuah acara resmi dan even kehumasan sesuai standard dan prosedur penyelenggaraan even dan keprotokoloran yang berlaku.
  11. Mampu membuat media visual dan audio visual untuk keperluan kegiatan kehumasan.
  12. Memiliki kemampuan dalam menjalankan program kehumasan melalui penggunaan teknologi terkini.
  13. Memiliki keterampilan melakukan presentasi dan negosiasi.
  14. Mampu membuat script dan menjadi presenter berita.
  15. Mampu menjalankan program hubungan media sesuai standar, prosedur yang berlaku dalam rangka mengefektifkan diseminasi informasi organisasi kepada publik, membangun dan mempertahankan citra positif organisasi melalui
    media.
  16. Mampu menjalankan aktivitas riset humas dasar yang meliputi monitoring isi media massa dan monitoring opini mengenai organisasi baik dari stakeholder internal maupun sesuai standard dan prosedur yang berlaku.
  17. Mahasiswa dapat menguasai Bahasa Inggris untuk wawancara kerja, menulis surat lamaran, dan untuk memahami, menulis dan membalas beberapa korespondensi bisnis berbahasa Inggris.
  18. Mahasiswa menguasai praktik yang luas dalam keterampilan bahasa Inggris baik lisan dan tulisan yang berkaitan dengan media massa.
  19. Menguasai bahsa Inggris yang efektif untuk kegiatan hubungan masyarakat
    dan promosi.

Lokasi Kampus

Kampus Utama Bandung

Jl. Pahlawan No.59, Sukaluyu, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40123 Telepon: (022) 2506500.

Kampus Cimahi

Jl. Terusan No.164, Cimahi, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat 40525 Telepon: (022) 20670613.