Politeknik LP3I Berpartisipasi di Career Day SMKN 6 Garut 2021

47 November 2021, By Politeknik LP3I
Share
Politeknik LP3I Berpartisipasi di Career Day SMKN 6 Garut 2021

Keberadaan perguruan tinggi yang berkualitas dan berstandar nasional maupun internasional sudah menjadi pilihan khusus bagi lulusan SMA/SMK/MA untuk meningkatkan ilmu pengetahuannya, agar dapat berpartisipasi dalam pembangunan di Indonesia. 

Politeknik Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) berpartisipasi di seminar Career Day BK & BKK bertema “Menggapai Mimpi Meraih Masa Depan” di SMKN 6 Garut, Sabtu (27/11/2021) dengan menghadirkan psikolog ternama yang juga merupakan dosen Politeknik LP3I, Dra. Elia Daryati Rahayu, Psi., M.Si.

Kegiatan tersebut diadakan secara tatap muka dengan memerhatikan protokol kesehatan di aula SMKN 6 Garut. Acara dimulai dengan sambutan oleh Hamdani, S.I.Kom., M.M., memberikan informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru 2022/2023 di Politeknik LP3I. Dengan landasan yang sama yakni lembaga pendidikan vokasi, Politeknik adalah jenjang pendidikan tinggi  yang cocok untuk ditempuh oleh lulusan SMK. 

 

/aumr

Acara kemudian berlanjut pada pemberian motivasi oleh pembicara dari Politeknik LP3I, Dra. Elia Daryati R, Psi, M.Si mengenai pendekatan dan pengenalan diri. Pemberian motivasi dilakukan dengan dua sesi yakni sesi pagi dan sesi siang untuk siswa kelas XII dari berbagai jurusan. 

Career Day dengan tema tersebut didasari oleh kondisi pandemi kemarin yang mengharuskan siswa untuk belajar jarak jauh dengan banyaknya keterbatasan. Hal tersebut mempengaruhi mental dan kondisi siswa dalam mengatur semangat mereka ketika pembelajaran kembali dilakukan secara tatap muka dan luring. 

“Tujuannya adalah memberikan bekal kepada siswa kelas XII melalui motivasi sentuhan psikologi, agar siswa yang tidak lama lagi menentukan pilihan mereka memiliki semangat belajar dan siap untuk menghadapi transisi menuju tahap selanjutnya”, ujar Drs. H. Supriyanto, M.M., Kepala Sekolah SMKN 6 Garut.

Elia Daryati dalam penjelasannya memberikan materi mengenai bagaimana siswa harus memiliki nilai dan potensi diri yang penting sekali untuk dijadikan modal agar mereka bisa menentukan peta hidupnya. Pengenalan diri ini dilakukan dengan memaparkan kebingungan-kebingungan atau isu yang dialami oleh siswa. Kemudian dengan pendekatan psikologi, Elia Daryati menjawab masalah tersebut sehingga siswa bisa melakukan evaluasi pada diri mereka sendiri. 

“Pesannya tersampaikan dan cukup membuka wawasan saya. Saya menjadi paham dan memiliki bayangan ke depannya. Ketika pemberian materi saya terkagum hingga menangis, bagi saya ini adalah sebuah pengalaman yang akan membantu saya”, jelas Keke, siswi SMKN 6 Garut. 

Elia Daryati menjelaskan bahwa self confidence dan self responsibility merupakan aspek yang penting untuk dipelajari serta diimplementasikan. Kepala sekolah SMKN 6 Garut pun mengemukakan rasa terima kasihnya atas kehadiran Politeknik LP3I di Seminar Career Day.

“Saya berharap, mereka menjadi lebih tahu apa yang harus mereka tuju. Selalu ingat, berlian di mana-mana akan menjadi berlian. Diri itu harus menjadi subjek bukan sekadar jadi objek. Kita tak perlu menjual derita, namun potensi. Hal tersebut  akan mendatangkan pencapaian yang baik pula,” ujar Dra. Elia Daryati dalam wawancara.

Lihat Berita Terbaru Lainnya


Hari Lahir Pancasila : Sejarah dan Tujuan
Hari Lahir Pancasila : Sejarah dan Tujuan
Tue, 1st June 2021
Read More
Mahasiswa Politeknik LP3I Melaksanakan Tes dan Interview di PT. Sagara Cipta Perkasa Bandung
Mahasiswa Politeknik LP3I Melaksanakan Tes dan Interview di PT. Sagara Cipta Perkasa Bandung
Fri, 28th May 2021
Read More
Mahasiswa Politeknik LP3I Melaksanakan Test Penempatan Kerja Di PT Jesi Jason Surya Makmur, Subang
Mahasiswa Politeknik LP3I Melaksanakan Test Penempatan Kerja Di PT Jesi Jason Surya Makmur, Subang
Tue, 25th May 2021
Read More
Keseriusan Mendikbud Ristek dalam Kampanye Merdeka Vokasi
Keseriusan Mendikbud Ristek dalam Kampanye Merdeka Vokasi
Tue, 25th May 2021
Read More