Kiat Memanfaatkan dan Membudayakan Manfaat Internet yang Sehat Bagi Anak

Fri, 40 October 2021, By Politeknik LP3I
Share
Kiat Memanfaatkan dan Membudayakan Manfaat Internet yang Sehat Bagi Anak

Di era digital saat ini, keberadaan media sosial sudah menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat. Bahkan transformasi digital membuat hampir semua aktivitas beralih secara daring. Hiburan, layanan pembayaran, dan fitur yang lainnya memperluas kesempatan masyarakat untuk mendapatkan berbagai kemudahan.

Selain memberi dampak positif seperti memperluas pertemanan dan juga membuka peluang, penggunaan media sosial yang tidak bijak juga bisa berdampak buruk. Laiknya pisau bermata dua, media sosial jadi alat yang ampuh untuk menebar kebencian. Tak jarang tindak kejahatan dan pertengkaran terjadi karena media sosial.

Anak-anak kini bahkan tumbuh dengan kecanggihan teknologi yang memudahkan akses informasi. Di Indonesia anak dengan rentang umur 13-17 tahun tercatat sudah intens dan lazim dengan media sosial. Per bulan Juli 2019 platform Facebook mencatat sebanyak 113.3 Juta pengguna adalah berumur 13-17 tahun.

Dr. Leili Kurnia Gustini, Wakil Direktur III Politeknik LP3I menyampaikan bahwa akses anak-anak terhadap gawai tidak mungkin bisa dicegah atau diputus. Oleh karena itu pendidikan digital dibutuhkan supaya mereka tetap dapat menggunakan gawai dengan bijak. Hal tersebut beliau sampaikan dalam acara Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah Jawa Barat yang dilaksanakan pada hari Jumat, (8/10/2021)

“Anak dan remaja paling terlibat dengan empat sosial media diantaranya Instagram, Line, Youtube, dan Facebook. Artinya empat media sosial tersebut memiliki intensitas paling tinggi di antara media sosial yang lain. Dampak negatifnya mereka bisa terpapar informasi yang tidak terfilter, kencaduan internet, anak sulit membedakan yang mana real dan yang mana abstrak, membuat anak menjadi pribadi instan, menjadi pribadi yang anti sosial, dan terpapar unsur kekerasan.” Ungkap Ibu Leili Kurnia Gustini saat menjadi pembicara webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah Jawa Barat.

Dalam paparannya, Ibu Leili Kurnia Gustini memberikan kiat membudayakan dan memanfaatkan internet yang sehat bagi anak ataupun remaja:

  • Menciptakan komunikasi dua arah
  • Monitor aktivitas anak dalam penggunaan gawai
  • Beri contoh yang baik
  • Pendidikan agama sejak dini
  • Membangun Bonding
  • Orang tua harus lebih pintar dari anak dalam hal internet dan media sosial
  • Memasang aplikasi pemblokiran konten negatif di gawai anak.

Internet bisa bermanfaat bagi anak ketika orang tua bisa melihat kesempatan bahwa internet bisa kembangkan bakat anak. Misalnya jika anak memiliki bakat memasak, menjahit, atau menari. Orang tua bisa memutar video tutorial yang bisa ditiru atau menjadi inspirasi bagi anak.

Pada anak usia sekolah ajaklah mereka untuk lebih berkreasi dengan membuat dan mengedit video yang kemudian diunggah ke akun media sosial. Dengan begitu teknologi menjadi alat untuk mengembangkan kreativitas dan bakat anak, tentu saja dengan bimbingan orang tua.

“Kebanyakan anak dan remaja (juga orang tua) kurang memahami dengan baik informasi mengenai pengaturan privasi yang telah disediakan oleh platform media sosial. Oleh karena itu orang tua sebagai pembimbing perlu sekali memiliki wawasan mengenai literasi digital.” Tutur Ibu Leili Kurnia Gustini.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

 

/aumr

Lihat Artikel Lainnya


Hari Lahir Pancasila : Sejarah dan Tujuan
Hari Lahir Pancasila : Sejarah dan Tujuan
Tue, 22 June 2021
Read More
Mahasiswa Politeknik LP3I Melaksanakan Tes dan Interview di PT. Sagara Cipta Perkasa Bandung
Mahasiswa Politeknik LP3I Melaksanakan Tes dan Interview di PT. Sagara Cipta Perkasa Bandung
Fri, 21 May 2021
Read More
Mahasiswa Politeknik LP3I Melaksanakan Test Penempatan Kerja Di PT Jesi Jason Surya Makmur, Subang
Mahasiswa Politeknik LP3I Melaksanakan Test Penempatan Kerja Di PT Jesi Jason Surya Makmur, Subang
Tue, 21 May 2021
Read More
Keseriusan Mendikbud Ristek dalam Kampanye Merdeka Vokasi
Keseriusan Mendikbud Ristek dalam Kampanye Merdeka Vokasi
Tue, 21 May 2021
Read More
Magang Berseritifikat di BUMN Bagi Mahasiswa Politeknik LP3I
Magang Berseritifikat di BUMN Bagi Mahasiswa Politeknik LP3I
Mon, 23 June 2021
Read More