Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 6 No. 3 September 2013 - Komunikasi Humas di Era Media Sosial

Written by Dudi Rustandi on . Posted in REPOSITORY

Komunikasi Humas di Era Media Sosial
Dudi Rustandi

Abstrak
Salah satu fungsi Humas adalah menciptakan saling pengertian dengan publiknya melalui
komunikasi dua arah. Komunikasi dua arah dilakukan melalui bantuan media atau pun
langsung. Banyak Media yang dapat digunakan sebagai sarana Komunikasi humas dengan
publiknya, baik media internal ataupun media massa. Di era perkembangan teknologi
komunikasi, media yang sedang berkembang pesat adalah media sosial. Keterjangkauannya
yang tidak dibatasi oleh letak geografis menjadikan media sosial popular digunakan oleh banyak
pihak, baik oleh personal atau pun lembaga. Media sosial juga kerap digunakan sebagai media
kampanye perusahaan dalam menyelenggarakan program-programnya. Melalui media sosial,
perusahaan dapat membangun saling pengertian yang lebih emosional dengan publiknya.
Selain sisi keterjangkauan, komunikasi melalui media sosial cukup efektif karena menembus
ruang geografis tersebut. Melalui tulisan ini, penulis melakukan pengamatan baga imana
pemanfaatan media sosial untuk komunikasi humas yang dilakukan oleh banyak perusahaan/
merek.


Kata Kunci: Komunikasi, Public Relations/ Humas, Citra, Media Relations, Media Sosial, Internet.

Download: Cover | File