(Volume III, No 2, Desember 2016)EVALUASI TATA KELOLA NILAI INVENTASI TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN DOMAIN VALUE GOVERNANCE DALAM KERANGKA KERJA VAL IT 2.0 (STUDI KASUS: POLITEKNIK LP3I BANDUNG)

Written by Agus Salim, S.Kom., M.Kom. on . Posted in Jurnal Tematik

EVALUASI TATA KELOLA NILAI INVENTASI TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN DOMAIN VALUE GOVERNANCE DALAM KERANGKA KERJA VAL IT 2.0 (STUDI KASUS: POLITEKNIK LP3I BANDUNG)

Agus Salim, S.Kom., M.Kom.

Dosen Program Studi Manajemen Informatika Politeknik LP3I Bandung

E-mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Abstrak :

Penerapan teknologi informasi dalam menjalankan strategi bisnis dalam suatu perusahaan di era informasi saat ini sangat diperlukan dalam rangka memberikan nilai layanan dan juga dalam mempertahankan keberadaan perusahaan terhadap persaingan dengan perusahaan sejenis. Investasi teknologi informasi merupakan hal yang wajib dilakukan perusahaan untuk dapat mendukung strategi perusahaan dengan cara membantu perusahaan dalam mendapatkan efisiensi dan efektifitas operasional, meningkatkan proses perencanaan dan membuka pasar baru. Dalam penelitian ini dilakukan analisis tentang penggunaan framework Val IT 2.0 dengan menggunakan salah satu domain yaitu Value Governance dalam mengukur nilai manfaat investasi teknologi informasi berdasarkan tata cara pengelolaan nilai manfaat dari sebuah investasi teknologi informasi. Penelitian ini dilakukan dengan studi kasus di Politeknik LP3I Bandung. Penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner yang diberikan kepada jajaran manajemen dan staf yang terlibat dalam penggunaan sistem informasi di Politeknik LP3I Bandung. Analisis yang dihasilkan juga disertai pengukuran tingkat maturitas dari domain Value Governance dari kerangka kerja Val IT 2.0, sehingga Politeknik LP3I Bandung dapat memiliki gambaran tentang proses-proses manajemen nilai investasi TI yang membutuhkan pengembangan lebih lanjut. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa sebagian besar tingkat kematangan berada pada level 3 (defined). Politeknik LP3I Bandung telah menjalankan proses investasi TI sebagai bagian penting dari tujuan organisasi, adanya kajian pengelolaan investasi TI dengan menggunakan framework Val IT 2.0 dapat membuat Politeknik LP3I Bandung menyadari keunggulan-keunggulan yang dapat dipertahankan dan kekurangankekurangan yang harus diperbaiki terkait pengelolaan investasi TI. Kata Kunci : Nilai Investasi TI, Val IT 2.0, Tata Kelola Nilai Investasi TI, Tingkat Kematangan

 

Download file