Jurnal TEMATIK Vol. 4 No. 1 Juni 2017 - PEMODELAN ARSITEKTUR SISTEM INFORMASI PEMAGANGAN DAN PENEMPATAN KERJA MENGGUNAKAN FRAMEWORK TOGAF

Written by Ahmad Sahi, S.Kom, M.Kom. on . Posted in Jurnal Tematik

PEMODELAN ARSITEKTUR SISTEM INFORMASI PEMAGANGAN DAN
PENEMPATAN KERJA MENGGUNAKAN FRAMEWORK TOGAF
(Studi Kasus: Politeknik LP3I Bandung)

Ahmad Sahi, S.Kom, M.Kom.
Dosen Program Studi Manajemen Informatika
Politeknik LP3I Bandung
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Abstrak : Politeknik LP3I Bandung merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi yang berorientasi tepat sasaran di dunia kerja, usaha dan industri, serta tanpa meninggalkan kaidah akademis, maka Politeknik LP3I Bandung senantiasa melakukan evaluasi dan menjaga kualitas pendidikan serta menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan yang terjadi. Strategi yang baik sangatlah dibutuhkan agar Perguruan Tinggi ini tetap eksis dalam menjalankan aktifitas pendidikan. Dalam mendukung strategi bisnis tersebut dibutuhkan dukungan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi yang berkulitas.

Dalam pemodelan arsitektur sistem informasi pemagangan dan penempatan kerja ini menggunakan TOGAF-ADM The Open Group Architecture Framework-Architecture Development Method) Pengembangan arsitektur enterprise dengan TOGAF ADM memiliki beberapa aktivitas yang nantinya akan memberikan pemahaman yang lebih jelas bagaimana melakukan pengembangan model arsitektur enterprise.

Model arsitektur enterprise merupakan sebuah kerangka dasar yang bisa digunakan dalam pengembangan sistem informasi terintegrasi dalam memenuhi kebutuhan organisasi. TOGAF ADM juga merupakan metode yang bersifat generik dan mudah diimplementasikan berdasarkan kebutuhan banyak organisasi, baik organisasi industri ataupun perguruan tinggi.


Kata Kunci: Sistem Informasi, Enterprise, Architecture, TOGAF-ADM

Download: Cover | File