Pengaruh Penerapan Standar Pelaporan Akuntansi Sektor Publik Terhadap Akuntansi Pertanggungjawaban Sektor Publik serta dampaknya terhadap Good Governance.

Written by Zaenudin Tachyan.,SE.Ak.MM on . Posted in Jurnal Akuntansi

Pengaruh Penerapan Standar Pelaporan Akuntansi Sektor Publik Terhadap Akuntansi Pertanggungjawaban Sektor Publik serta dampaknya terhadap Good Governance.

Zaenudin Tachyan.,SE.Ak.MM

Program Studi Akuntansi STIE Kridatama Bandung

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan standar laporan akuntansi sektor public terhadap akuntansi pertanggungjawaban sektor publik serta dampaknya terhadap Good Governance pada lembaga Sekretariat DPRD Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan pada lembaga sekretariat DPRD Kota Bandung dengan menggunakan metode sensus, pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket kuesioner pada karyawan lembaga sekretariat DPRD Kota Bandung. Analisis data dan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Path Analysis (Analisis Jalur). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan standar laporan akuntansi sektor publik berpengaruh signifikan terhadap akuntansi pertanggungjawaban sektor publik dan besaran pengaruh termasuk ke dalam kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan standar laporan akuntansi sektor publik memberikan kontribusi yang cukup dalam meningkatkan akuntansi pertanggungjawaban sektor publik namun belum mencapai tingkat maksimal yang diharapkan (2) Akuntansi pertanggungjawaban sektor publik berpengaruh signifikan terhadap good governance. Besarnya variasi dari variabel good governance yang dapat dijelaskan oleh akuntansi pertanggungjawaban sektor publik adalah sebesar 23,3% . sedangkan sisanya sebesar 76,7% dijelaskan atau merupakan kontribusi variabel lain tetapi tidak terdapat dalam model penelitian ini.

Kata kunci: Penerapan Standar laporan akuntansi sektor publik, akuntansi pertanggungjawaban Sektor Publik, Good Governance.

download file

Lowongan Kerja