JRAK Vol. 3 No. 1, Juli 2017 - PENGARUH AUDIT PEMASARAN TERHADAP EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS FUNGSI PEMASARAN PADA POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Written by Mira Ismirani Fudsyi on . Posted in Jurnal Akuntansi

PENGARUH AUDIT PEMASARAN TERHADAP EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS
FUNGSI PEMASARAN PADA POLITEKNIK LP3I BANDUNG
Mira Ismirani Fudsyi – Dosen Program Studi Akuntansi Politeknik LP3I Bandung

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Audit Pemasaran terhadap Efisiensi dan Efektifitas Fungsi Pemasaran pada Politeknik LP3I Bandung, melalui tahapan; Audit pendahuluan, Review dan pengujian atas pengendalian manajemen perusahaan, Audit lanjutan dan Pelaporan.
Studi dan analisa dilakukan pada proses manajemen pemasaran, sedankan proses audit meliputi; Audit

Strategi Pemasaran, Audit Sistem Pemasaran, Audit Organisasi Pemasaran, dan Audit Fungsi Pemasaran.
Berdasarkan hasil dari pelaksanaan audit lebih lanjut, ada beberapa aktivitas yang belum memperhatikan efisiensi dan efektifitas seperti jumlah presenter yang melakukan promosi belum memadai, belum ada prosedur pengendalian yang baku dan diberlakukan, promosi iklan yang terlambat, komunikasi masih ada kendala dan belum efektif, pencapaian target belum terpenuhi.

Dari hasil penelitian ini dapat dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan audit pemasaran di Politeknik LP3I Bandung sudah cukup memadai. Hal ini bisa dilihat dari sikap independensi dari status organisasi Satuan Penjamin Mutu Internal yang terpisah dari organisasi bagian lainnya. Walaupun demikian, masih ada beberapa kelemahan pada aktivitas fungsi pemasaran. Pelaksanaan efisiensi dan efektifitas fungsi pemasaran pada Politeknik LP3I Bandung cukup memadai. Hal ini dapat terlihat dari telah ditaatinya indikator efisiensi yaitu biaya promosi disesuaikan dengan perencanaan dan anggaran yang diawasi oleh fungsi keuangan. Efektifitas bisa dilihat dari pencapian tujuan yang telah ditetapkan walaupun belum tercapai sepenuhnya namun kualitas dan kuantitas kerja diperhatikan.

Kata Kunci : Audit Pemasaran, Efisiensi dan Efektifitas Pemasaran

Download: Cover | File