PENDIDIKAN SALESMANSHIP BAGI MAHASISWA SEBAGAI MODAL DASAR DALAM BERKARIR SEBAGAI WIRAUSAHA

Written by Nuslih Jamiat S.E.,M.M on . Posted in JURNAL ADMINISTRASI BISNIS

PENDIDIKAN SALESMANSHIP BAGI MAHASISWA

SEBAGAI MODAL DASAR DALAM BERKARIR SEBAGAI WIRAUSAHA

 

Oleh :Nuslih Jamiat S.E.,M.M

Dosen Program Studi Administrasi Bisnis Politeknik LP3I Bandung

email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

ABSTRAK

Meningkatnya minat generasi muda khususnya mahasiswa belajar berwirausaha merupakan perkembangan positif untuk kemajuan perekonomian Indonesia dimasa yang akan datang. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa maju tidaknya suatu negara sangat dipengaruhi seberapa berapa banyak jumlah masyarakat yang berprofesi sebagai wiraswasta. Selain itu meningkatnya jumlah wirausaha khususnya dari kalangan generasi muda akan berdampak terhadap berkurangnya angka pengangguran di Indonesia.

Namun untuk menjadi seorang wirausaha yang tangguh maka seseorang harus memiliki salah satu kemampuan yaitu  Salesmanship (kemampuan menjual) yang baik karena merupakan modal dasar dalam berkarir sebagai wirausaha. Jika seseorang memiliki kemampuan salesmanship maka ia akan mampu mengoptimalkan peluang bisnis untuk meningkatkan omzet dan kemajuan usahanya, karena aktifitas penjualan merupakan satu-satunya aktifitas bisnis yang menghasilkan cash in (pemasukan kas) bagi perusahaan. Sementara aktifitas lain hanya bisa melakukan penghematan/efesiensi tanpa bisa menghasilkan cash in.

Untuk itu perlunya pendidikan salesmanship untuk meningkatkan skill seseorang agar bisa menjadi wirausahaan agar memiliki kemampuan menjual produk yang ditawarkan kepada konsumen potensial, sehingga berdampak terhadap kelangsungan usaha yang dijalankannya.