ATRABIS Vol 1 No 1 Juni 2015 - PENINGKATAN CORPORATE IMAGE POLITEKNIK LP3I BANDUNG MELALUI KOMPETENSI LULUSAN

Written by Poniah Juliawati, A.KS., M.M on . Posted in JURNAL ADMINISTRASI BISNIS

PENINGKATAN CORPORATE IMAGE POLITEKNIK LP3I BANDUNG
MELALUI KOMPETENSI LULUSAN

 

Heddy Setiawan.,S.S.,M.Si, Poniah Juliawati, A.KS., M.M
Program Studi Administrasi Bisnis

Politeknik LP3I Bandung

Abstrak

Dalam suatu institusi perguruan tinggi, kompetensi lulusan merupakan salah satu elemen yang dapat mendongkrak citra dari institusi perguruan tinggi tersebut agar mendapatkan kepercayaan dari calon konsumen mereka. Para lulusan yang memiliki kompetensi akan mudah mendapatkan pekerjaan di perusahaan-perusahaan tingkat lokal maupun nasional.

Saat ini terdapat 383 PTS di Jawa Barat yang bersaing mendapatkan calon mahasiswa. Menurut Badan Pencatatan Statistik, APK pendidikan tinggi di Jawa Barat hanya pada angka 15%, dan berada dibawah rata-rata nasional. Hal tersebut menandakan bahwa PTS di Jawa Barat harus bersaing secara ketat untuk menjaring mahasiswa baru nya. Persaingan ini mengharuskan suatu PTS untuk mencari strategi yang tepat untuk dapat menghasilkan lulusan yang berkompeten agar citra institusi perguruan tinggi dinilai baik di mata masyarakat.

Hasil penelitian bahwa kompetensi lulusan mempengaruhi corporate image secara signifikan pada tingkat keyakinan 99%. Dengan besaran pengaruh variabel kompetensi lulusan sebesar 0.635, bahwa setiap kenaikan kompetensi kelulusan sebesar nilai 1 akan meningkatkan corporate image sebesar 0.635 poin.

Kata Kunci : Kompetensi Lulusan, Corporate Image

Download: Cover | File