VOL 4, NO 8 APRIL 2015 - PENGARUH BAURAN PROMOSI DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN KULIAH DI POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Written by Meli Siagawati on . Posted in JURNAL ADMINISTRASI BISNIS

PENGARUH BAURAN PROMOSI DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN KULIAH DI POLITEKNIK LP3I BANDUNG

 

 

Oleh : Meli Siagawati

Dosen Tetap Program Studi Administrasi Bisnis Politeknik LP3I Bandung

email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini meneliti tentang bauran promosi dan kelompok referensi terhadap keputusan kuliah di Politeknik LP3I Bandung.Bauran promosi, kelompok referensi dan keputusan kuliah yang dijadikan objek dalam penelitian ini adalah para mahasiswa baru Politeknik LP3I Bandung. Adapun rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini diantaranya: (1) Bagaimana bauran promosi, kelompok referensi dan keputusan kuliah pada Politeknik LP3I Bandung, (2) Seberapa besar pengaruh bauran promosi dan kelompok referensi terhadap keputusan kuliah di Politeknik LP3I Bandung. Penelitian ini dilakukan melalui survey dengan menyebarkan kuesioner kepada para mahasiswa baru Politeknik LP3I Bandung. Pengambilan sampel sebanyak 91 responden dilakukan dengan metode cross sectional. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini dalam melakukan pengujian hipotesis statistik adalah dengan menggunakan analisis jalur (path analysis)dan menggunakan alat bantu SPSS 17.0.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa bauran promosi dan kelompok referensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan kuliah di Politeknik Bandung baik secara simultan maupun parsial, dengan kontribusi sebesar  50,6%. Secara parsial pengaruh bauran promosi terhadap keputusan kuliah sebesar 0,336  lebih dominan dibandingkan dengan pengaruh kelompok referensi terhadap keputusan kuliah sebesar 0,167

Kata Kunci: Bauran Promosi,Kelompok Referensi