Jurnal TEMATIK Vol. 3, No. 2 Desember 2016 - APLIKASI JASA ANTARAN KURIR BERBASIS CLIENT SERVER

Written by Ahmad Sahi, S.Kom, M.Kom. on . Posted in Jurnal Tematik

APLIKASI JASA ANTARAN KURIR BERBASIS CLIENT SERVER
(Studi Kasus: PT. Sempurna Jasa Kami Bandung)

Ahmad Sahi, S.Kom, M.Kom.
Dosen Program Studi Manajemen Informatika
Politeknik LP3I Bandung
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Abstrak : Aplikasi Jasa Antaran Kurir Berbasis Client Server studi kasus PT. Sempurna jasa kami Bandung. Masalah-masalah yang terjadi meliputi pada bagian data entri, dalam keamanan data, desain setiap form aplikasi, pembuatan laporan masih bersifat manual sehingga kinerja di bagian entri data kurang efektif dan efisien. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk memberikan kontribusi dalam penyelesaian masalah yang dihadapi oleh bagian entri data serta memperbaiki sistem yang sedang berjalan dengan mengusulkan sistem
usulan.

Sistem usulan meliputi proses input data dan pencarian data pelanggan, data penerima, data kurir, data wilayah, data jenis antaran, data tarif, data status kirim. Proses transaksi data bukti serah terima (BST) dan transaksi Bukti terima Penerima (BtPenerima). Pembuatan laporan data pelanggan, laporan data penerima, laporan data kurir, laporan data hasi kirim serta pembuatan formulir bukti terima (BT).

Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif dan untuk perancangan sistemnya menggunakan metode waterfall. Sedangkan metode yang digunakan penulis dalam pengumpulan data meliputi observasi partisipan, studi pustaka dan wawancara. Dengan diusulkannya Aplikasi Jasa Antaran Kurir ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja PT.Sempurna Jasa Kami Bandung menjadi efektif, efisien, akurat dan lebih baik.

Kata Kunci: Aplikasi, Kurir, Sistem Informasi, Enterprise, Waterfall

Download: Cover | File