ATRABIS Vol 3 No 1 Juni 2017 - PERSEPSI MAHASISWA ATAS PENGGUNAAN PROGRAM SPSS DALAM MATA KULIAH STATISTIK

Written by Cita Mustika Kusumah, S.S, M. Hum on . Posted in JURNAL ADMINISTRASI BISNIS

ANALISA TRANSITIVITAS PADA PENULISAN RENCANA BISNIS BERBAHASA INGGRIS DI KELAS ENTREPREUNEURSHIP 2 JURUSAN ADMINISITRASI BISNIS POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Cita Mustika Kusumah, S.S, M. Hum

Politeknik LP3I Bandung

ABSTRAK

Bisnis merupakan satu kegiatan yang menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan  laba.  Cara  untuk  mendapatkan  laba  secara  maksimal  bisa  melalui  penulisan rencana  bisnis  yang  baik,  benar,  menarik,  serta  sistematis.  Penulisan  rencana  bisnis  secara sistematis  merupakan  salah  satu  langkah  penting  di  awal  memulai  usaha,  karena  hal  ini  akan memudahkan langkah-langkah yang akan dilakukan ke depannya. Di samping itu, jika rencana bisnis  ini    ditawarkan  kepada  investor  untuk  menanamkan  saham  dalam  bisnis  kita,  penulisan rencana  bisnis  secara  sistematis  akan  lebih  menarik  dan  lebih  mudah  dipahami  oleh  calon investor.

Di  dalam  ilmu  linguistic,  penggunaan  theme  dan  rheme  atau  tema  –  rema  merupakan salah  satu  cara  supaya  penulisan  kita  menjadi  sistematis.  Makalah  ini  membahas  tentang hubungan  theme  dan  rheme,  serta  penggunaan  transitivity  yang  berasal  dari  teori  Sistemik Functional Grammar dengan tujuan untuk meningkatkan kohesi dalam penulisan rencana bisnis. Karena  dalam  kegiatan  perkuliahan  menggunakan  Bahasa  Inggris  secara  penuh,  maka kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa menjadi aspek penting dalam penulisan rencana bisnis. Adapun aspek dasar dalam kemampuan berbahasa meliputi mendengarkan, berbicara, membaca, dan meulis secara baik dan benar. Makalah ini menyimpulkan apakah rencana bisnis yang telah ditulis oleh mahasiswa dalam Bahasa Inggris telah sistematis atau belum, berdasarkan pola tema – rema nya. Serta untuk mengetahui jenis transitivity apa yang dipakai mahasiswa ketika mereka menulis  rencana  bisnis.  Selain  itu,  makalah  ini  juga  menelaah  sejauh  mana  kemampuan  dasar Bahasa Inggris mahasiswa.

Kata kunci : tema-rema, transitivity

Download: Cover | File

ATRABIS Vol 3 No 1 Juni 2017 - PENGARUH KOMPETENSI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS DI POLITEKNIK LP3I BANDUNG)

Written by Poniah Juliawati, A.KS., M.M on . Posted in JURNAL ADMINISTRASI BISNIS

PENGARUH KOMPETENSI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN

(STUDI KASUS DI POLITEKNIK LP3I BANDUNG)

 

Poniah Juliawati, A.KS., M.M
Program Studi Administrasi Bisnis

Politeknik LP3I Bandung

Abstrak

Performa karyawan di dalam sebuah organisasi/lembaga sangat ditentukan oleh kapasitas diri (kompetensi) yang dimiliki karyawan serta motivasi yang tinggi dalam pencapaian prestasi kerja, serta tersedianya peluang dan harapan dalam pengembangan karir Tetapi pada kenyataan kordinasi kerja antar bagian belum berjalan baik, masih banyak karyawan yang terlambat masuk kerja, belum ada sistem perencanaan karir yang mapan, penempatan karyawan pada suatu posisi atau jabatan tidak berdasarkan assessment yang ketat, kerjasama tim yang belum kokoh.Hasil penelitian dan pembahasan, maka diperoleh bahwa Kompetensi dan motivasi secara simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan sebesar 91,01 % sedangkan sisanya 8,9 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini yaitu disiplin kerja, kompensasi, iklim kerja, gaya kepemimpinan, budaya organisasi yang memerlukan penelitian lebih lanjut.

Kata Kunci : Kompetensi, Motivasi, kinerja karyawan

Download: Cover | File

ATRABIS Vol 3 No 1 Juni 2017 - PERSEPSI MAHASISWA ATAS PENGGUNAAN PROGRAM SPSS DALAM MATA KULIAH STATISTIK

Written by ELVIE, S.Si, M.Pd on . Posted in JURNAL ADMINISTRASI BISNIS

PERSEPSI MAHASISWA ATAS PENGGUNAAN PROGRAM
SPSS DALAM MATA KULIAH STATISTIK

 

ELVIE, S.Si, M.Pd
Program Studi Administrasi Bisnis

Politeknik LP3I Bandung

Abstrak

Persepsi Mahasiswa Atas Penggunaan Program SPSS Dalam Mata Kuliah Statistik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa atas penggunaan program SPSS dalam mata kuliah Statistik.
Penelitian ini dilaksanakan di LP3I Bandung dengan populasi 235 dan sampel 47 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Setiap responden diberikan sebanyak 10 pertanyaan dengan  menggunakan skala Likert. Dari hasil penelitian diketahui perolehan nilai rata-rata jawaban responden terhadap Persepsi Mahasiswa Atas Penggunaan Program SPSS Dalam Mata Kuliah Statistik sebesar 3,395. Hal ini berarti Persepsi Mahasiswa Atas Penggunaan Program SPSS Dalam Mata Kuliah Statistik termasuk cukup baik


Kata Kunci: Persepsi.

Download: Cover | File

ATRABIS Vol 2 No 1 Juni 2016 - PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DOSEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DI POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Written by ELVIE, S.Si, M.Pd on . Posted in JURNAL ADMINISTRASI BISNIS

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DOSEN 

TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA 

DI POLITEKNIK LP3I BANDUNG

 

ELVIE, S.Si, M.Pd
Program Studi Administrasi Bisnis

Politeknik LP3I Bandung

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa Politeknik LP3I Bandung. 

Penelitian ini menggunakan metode korelasi untuk melihat seberapa besar pengaruh variabel bebas dan variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Administrasi Bisnis semester II yang berjumlah 280 orang dengan sampel 56 mahasiswa. Setiap responden diberikan sebanyak pertanyaan dengan menggunakan skala Likert.  

Dari hasil penelitian diketahui tingkat keragaman sebesar 69,4% yang berarti bahwa prestasi belajar mahasiswa Politeknik LP3I Bandung dipengaruhi oleh strategi pembelajaran yang merupakan faktor penting dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa Politeknik LP3I Bandung. 

Kata Kunci : prestasi, Administrasi Bisnis, strategi pembelajaran

Download: Cover | File

ATRABIS Vol 2 No 1 Juni 2016 - FAKTOR-FAKTOR PENINGKATAN KEPUASAN DI POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Written by Poniah Juliawati, A.KS., M.M on . Posted in JURNAL ADMINISTRASI BISNIS

FAKTOR-FAKTOR PENINGKATAN KEPUASAN DI POLITEKNIK LP3I BANDUNG

 

Poniah Juliawati, A.KS., M.M
Program Studi Administrasi Bisnis

Politeknik LP3I Bandung

Abstrak

Kinerja pada hakekatnya berkaitan dengan tanggung jawab individu atau organisasi dalam menjalankan apa yang menjadi wewenang dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Kinerja individu dan organisasi memiliki keterkaitan yang sangat erat. Tercapainya tujuan organisasi tidak terlepas dari sumberdaya yang dimiliki oleh organisasi yang digerakkan oleh sekelompok orang yang berperan aktif sebagai pelaku dalam upaya mencapai tujuan organisasi tersebut. Apabila dikaitkan dengan kinerja pegawai , maka faktor yang mempengaruhi kinerja tersebut yakni faktor sumberdaya manusia dan fungsi atau peran organisasi tersebut. Oleh karena itu, jika ingin meningkatkan kinerja pegawai kedua faktor tersebut harus mendapat perhatian yang serius dari pimpinan organisasi. Bahwa terdapat hubungan antara Variabel
Kinerja pelayanan Dosen ( X) dengan variabel Kepuasan Mahasiswa (Y) adalah erat dengan nilai r =0, 803. Bahwa Kinerja Pelayanan Dosen (X ) berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa.(Y) adalah signifikan

Keywords : Kinerja, dan kepuasan mahasiswa

Download: Cover | File