Print

Menyikapi Komunikasi Buruk Dengan Pimpinan

on . Posted in Berita

User Rating:  / 8
PoorBest 

Mendapatkan pekerjaan dan menjadikannya sebagai karir impian, mungkin sudah Anda dapatkan. Karir yang sesuai dengan apa yang Anda harapkan nyatanya telah Anda raih dan Anda merasa senang dengan hal itu. Namun bagaimana bila karir sukses tapi tak sejalan dengan adanya komunikasi yang baik dengan pimpinan? Seringkali sebagai karyawan, Anda mengeluh akan sikap dan prosedur yang ditetapkan oleh pimpinan. Pimpinan selalu bertanya apa yang diinginkan oleh karyawan, tapi keputusan pimpinan sendirilah yang pada akhirnya menjadi ketetapan juga. Hal seperti ini, tentu menjadikan komunikasi antara Anda dan pimpinan menjadi kurang baik. Lalu apakah keputusan resign akan menjadi jalan yang terbaik?

Sebelum memutuskan itu, coba pikirkan kembali betapa Anda mencintai pekerjaan Anda, dan barulah sikapi dengan cara berikut ini:

 

Komunikasi buruk dengan pimpinan bisa saja menjadikan Anda kesulitan saat ada peluang entah kenaikan gaji ataupun kenaikan jabatan. Tak mau karir Anda menjadi taruhan, sebaiknya perbaikilah sikap ketidakkesukaan Anda terhadap pimpinan. Namun bukan berarti Anda pun harus berpura-pura menyukainya. Untuk memperbaiki komunikasi yang buruk adalah dengan membangun komunikasi yang baik. Dan untuk memulainya, cobalah langkah kedua.

 

Adalah karena pimpinan sehingga Anda bisa mendapatkan pekerjaan Anda. Bila nyatanya Anda memang cinta pada pekerjaan itu, bukankah seharusnya Anda bisa mulai memperbaiki buruknya komunikasi? Memberikan simpati, pujian, rasa hormat dan sapaan setiap pagi, mungkin akan membuat pimpinan lebih bisa menghargai Anda sebagai karyawannya. Hal-hal baik yang dilakukan secara rutin akan membawa perubahan sedikit demi sedikit bagi Anda ataupun pimpinan anda. Menjadi dekat, mungkin tidak. Bagaimanapun, menjaga jarak antara pimpinan dan karyawan akan lebih memperlihatkan bagaimana Anda menghormatinya. Tapi hal ini, setidaknya akan membuat keterbukaan antara Anda dan pimpinan untuk menjadi lebih baik lagi.

 

Bagaimana sikap Anda jika tidak setuju dengan idenya ? Jika Anda mempunyai ide yang menurut Anda lebih baik dari yang ide yang lainnya, sebaiknya ungkapkanlah alasan beserta jalan keluar yang dirasa lebih baik untuk itu. Jangan menolak sedang Anda sendiri belum tahu cara mengatasinya. Jangan berkeberatan sedang Anda belum yakin dengan penolakan yang Anda utarakan. Pimpinan akan lebih menghargai Anda bukan atas penolakan yang Anda berikan, melainkan solusi dan jalan keluar yang Anda putuskan.

 

Tempatkan diri Anda sebagai pemimpin. Bila Anda berkesempatan menjadi seorang pimpinan dalam satu perusahaan besar, apakah Anda akan melakukan hal yang sama dengan apa yang dilakukan pimpinan Anda? Atau justru Anda akan lebih tidak disukai oleh karyawan Anda? Mungkin Anda akan berkata bahwa Anda bisa lebih baik darinya. Tapi percayalah, seorang pimpinan selalu berpikir bukan apa yang terbaik untuk Anda, tapi apa yang terbaik untuk perusahaannya. Jadi berpikirlah positif bahwa apa yang pimpinan tetapkan adalah juga untuk kebaikan bersama.

 

Sumber : http://gemintang.com/kisah-sukses-motivasi-inspirasi/menyikapi-komunikasi-buruk-dengan-pimpinan/

Lowongan Kerja

Sponsor By

PASANG IKLANPASANG IKLAN

Twitter

No tweets found.

Foto Kegiatan